Sistem transaksi pembelian dan penjualan property dalam wujud rumah hingga tanah pastinya memiliki keunggulan dan kekurangan. Sistem kredit pembelian dalam wujud KPR memang jadi pilihan tepat karena sanggup memberi banyak manfaat baik itu dari sisi harga hinga angsurannya. Namun sekarang ini ada sistem KPR konvensional dengan KPR Syariah. Keduanya memberi aspek-aspek berbeda, sehingga pembeli harus bisa mengerti seperti apa keungglan yang ditawarkan di setiap tipe KPR.

Masih ada banyak kalangan merasa bingung mengenai dua sistem pembayaran baik itu KPR Konvesional ataupun KPR Syariah. Meskipun keduanya mempunyai beberapa keunggulan, ada baiknya kita cek dahulu seperti apa perbedaannya. Berikut ulasannya:

KPR Konvensional

Pada tipe KPR Kovensional ini mampu memberikan kriteria yang mana mudah diaplikasikan. Pertama syarat dan ketentuan masih ditetapkan oleh pihak bank pemberi kredit. Sudah jelas ada beberapa persyaratan yang waajib terpenuhi. Sedangkan dari suku bunga juga disesuaikan dengan naik turunnya BI rate hingga kebijakan bank. Jika nanti konsumen mengalami keterlambatan pembayaran kredit bahkan menunggak dalam jangka waktu tertentu akan diberikan sanksi berupa denda. Dari tenor waktu KPR cukup panjang yakni dari 5 sampai 25 tahun.

KPR Syariah

Sistem pembelian KPR Syariah juga memiliki kriteria tersendiri bahkan terkesan berbeda dari tipe konvensional. Pertama sistem KPR Syariah ini akan memakai prinsip akad Murabahah atau sistem jual beli. Sedangkan dari sistem bunga, tipe KPR Syariah tak mengenal sistem bunga, maka dari itu cicilan tetap selama masa tenor. Bila nanti konsumen mengalami keterlambatan hingga menunggak maka tak ada denda. Namun dari segi tenornya tidak panjang seperti KPR konvensional yakni dari 5-15 tahun.

Pilihan sistem pembelian kredit property dari konvensional maupun syariah memiliki keunggulan dan kekurangan. Cermati kembali seperti apa potensi besar yang sampai sekarang bisa dihadirkan untuk memaksimalkan bagaimana sebuah transaksi pembelian property bisa berjalan dengan lebih mudah. Sistem KPR ini sudah menjadi andalan bagi siapapun karena terdapat pola-pola angsuran lebih tertata ditambah lagi tenor waktunya juga bisa ditentukan sesuai minat hingga kemampuan finansial.

0 Komentar